Seperti Apakah Stamina Seorang Bidan..?

By Admin 06 Mei 2021, 01:38:49 WIB Pendidikan
Seperti Apakah Stamina Seorang Bidan..?

Bagi seorang mahasiswa Kebidanan serta calon Mahasiswa dijurusan Kebidanan, sangat diperlukan stamina yang prima serta kesehatan yang benar-benar stabil dalam menjalani perkuliahan maupun dalam praktek kerja. 

Karena bidan dituntut untuk memiliki kesehatan yang prima untuk melayani pasien dalam 24 jam, mengingat persalinan dapat terjadi kapan saja, maka dari itu calon mahasiswa baru harus mempersiapkan kesehatan dengan baik.

Tes yang diwajibkan untuk calon mahasiswa akan berbeda setiap institusi. Namun, secara umum tes yang akan dilakukan pada calon mahasiswa diantaranya adalah pemeriksaan fisik, tes buta warna, tes hepatitis, tes narkoba, tes kehamilan, dll.

1. Pemeriksaan Fisik

Tes yang akan dilakukan adalah melakukan pemeriksaan terhadap tinggi badan, berat badan, tanda-tanda vital, dan pemeriksaan fisik anggota tubuh lainnya. Selanjutnya akan dilakukan tes pada fungsi organ tubuh seperti penglihatan dan pendengaran. Pada tes penglihatan akan dilakukan juga tes buta warna, dengan menggunakan buku tes buta warna. Untuk tes pendengaran akan menggunakan alat yang bernama garpu tala, biasanya alat akan digesekkan pada rambut dibelakang telinga kanan dan kiri untuk melihat kepekaan telinga.

2. Tes Hepatitis

Untuk melakukan tes ini biasanya akan diambil sampel darah dan kemudian akan di tes di dalam laboratorium, dan kemudian akan keluar hasil tes apakah calon mahasiswa mengalami hepatitis atau tidak.

3. Tes Narkoba

Sama dengan tes hepatitis, tes ini memerlukan sampel darah untuk menguji apakah calon mahasiswa menggunakan narkoba atau tidak.

4. Tes Kehamilan

Kenapa ada tes kehamilan? Karena mahasiswa kebidanan dituntut untuk tidak sedang dalam masa kehamilan. Karena bisa menganggu aktivitas mahasiswa saat melakukan kegiatan. Tes ini dilakukan dengan cara mengambil sampel urin pada calon mahasiswa, dan kemudian akan diuji apakah sedang hamil atau tidak. 

5. Tes Thorax / Rotgen Dada

Tidak semua institusi mewajibkan tes thorax, tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah  jantung, paru-paru, saluran pernapasan, pembuluh darah dan nodus limfa pada calon mahasiswa sehat atau tidak.  Tes ini dilakukan dengan menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik untuk menampilkan gambaran pada bagian dalam dada. 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment